Breaking News
Loading...
Rabu, 19 Juni 2013

Info Post



Published On: 19 juni, 2013

20 Pelajar Berprestasi di Siantar Terima Beasiswa

pendidikan 

 

“Tiga penyakit yang harus diwaspadai yaitu kemiskinan, ketidaktahuan, dan keterbelakangan peradaban. Ini yang setiap tahun kita upayakan untuk membasminya, dengan memberikan vaksin berupa pendidikan yang berkualitas kepada setiap pelajar di Siantar,” ujar Wali Kota Hulman Sitorus, disela-sela upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (02/05/2013).
Momen Hardiknas, lanjut Hulman, akan dijadikan ‘cambuk’ bagi Pemko Siantar membulatkan tekat untuk selalu meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia (SDM) melalui dunia pendidikan. Menurutnya, upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan tersebut harus dilakukan bersama dengan seluruh lapisan, agar kebodohan dan ketertinggalan akan hilang dalam kehidupan masyarakat Siantar.
Saat menbacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh, peringatan Hardiknas 2013 diharap mampu memberikan kesadaran bersama akan pentingnya dunia pendidikan. Oleh sebab itu, seluruh elemen masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama untuk memajukan dunia pendidikan menjadi semakin berkualitas.
Mendikbud menilai pendidikan menjadi vaksin sosial demi imunitas penyakit sosial masyarakat dalam hal kemiskinan, ketidaktahuan, dan keterbelakangan peradaban. Selain itu, pendidikan menjadi elevator sosial untuk dapat meningkatkan status sosial.
“Layanan pendidikan haruslah dapat menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat, sesuai dengan prinsip pendidikan untuk semua (Education for All) tanpa membedakan asal-usul, status sosial, ekonomi, dan kewilayahan,” katanya.

 Lanjutnya pemerintah pusat dan daerah bersama-sama masyarakat telah berusaha memenuhi amanat tersebut, melalui pembangunan sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, termasuk di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T). Akses pendidikan dipengaruhi oleh ketersediaan satuan pendidikan dan keterjangkauan dari sisi pembiayaan
Dalam peringatan Hardiknas tahun 2013 di Kota Siantar ini, Wali Kota Hulman Sitorus, didampingi Unsur Pimpinan Daerah (Uspida) menyerahkan hadiah kepada siswa/siswi pemenang Olimpiade Sains (OSN), mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP, dan SMA. Beasiswa juga diserahkan kepada anak tenaga kerja peserta Jamsostek di wilayah Kota Pematangsiantar sebanyak 20 orang.

 

0 komentar:

Poskan Komentar